Sejarah

Universitas Muhammadiyah Pontianak

Universitas Muhammadiyah Pontianak (UM Pontianak) merupakan satu dari 178 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Pendirian diprakarsai oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat periode 1985-1990, dan selanjutnya diresmikan pendiriannya oleh Pimpinan Pusat Persyarikatan Muhammadiyah yang diwakili oleh Ketua Majelis Dikti Muhammadiyah Drs. Djazman Al-Kindi pada tanggal 3 Oktober tahun 1990. UM Pontianak diberi izin pendirian sesuai Surat Keputusan (SK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0518/O/1990. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak berdiri tanggal 09 Agustus 1990 berdasarkan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0518/O/1990.

Program Studi Informatika

Program Studi Teknik Informatika berada di bawah Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah. Program studi ini mulai beroperasi setelah memperoleh ijin operasional sesuai keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor 265/KPT/I/ 2016 tanggal 29 Agustus 2016 tentang pembukaan Program Studi Teknik Informatika.

Jenjang pendidikan yang diselenggarakan di Program Studi Teknik Informatika adalah Program Sarjana atau Strata-1.

Pada masa penerimaan mahasiswa Angkatan I (pertama) di tahun 2017, Program Studi Informatika telah menerima sebanyak 60 orang mahasiswa. Program Studi Teknik Informatika diawali dengan jumlah tenaga pengajar sebanyak 6 (enam) orang dosen tetap yang memiliki jenjang pendidikan Strata-2 dan hingga kini memiliki 8 (delapan) orang dosen tetap dengan pendidikan Strata-2.

Visi

Mewujudkan Sarjana Teknik Informatika dalam pengembangan sumber daya manusia yang profesional di bidang Teknik Informatika serta berkarakter Islami pada Tahun 2025.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, intelektual, kepribadian dan spiritual yang islami.
  • Melakukan Penelitian dan Pengabdian di bidang informatika guna memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat luas.
  • Menyelenggarakan kemitraan dengan Institusi yang berbasis Iptek dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.
  • Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan guna menyiapkan sumber daya yang insani dalam mewujudkan cita-cita muhammadiyah yang berpedoman pada Al-quran dan Sunnah.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Informatika serta memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang Islami.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan meneliti di bidang Informatika guna memberikan konstribusi terhadap khalayak ramai.
  • Memberikan pelayanan keilmuan dan ilmu pengetahuan praktis kepada masyarakat dalam bidang Informatika untuk optimalisasi penggunaan teknologi.
  • Memberikan kontribusi terhadap pembinaan dan pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan untuk mewujudkan cita-cita Muhammadiyah yang berpedoman pada Al-Quran dan Sunnah.